πŸͺ΄C. Menyiapkan Likuiditas

Siapkan likuiditas sesuai Liquidity Pool yang sudah dipilih.

Untuk menjadi penyedia likuiditas dari Liquidity Pool uUSD/USDt, maka harus disiapkan dana likuiditas dalam bentuk uUSD Token dan USDt Token. Begitu pula jika kalian ingin menjadi penyedia likuiditas untuk Liquidity Pool lainnya, kalian harus siapkan token yang sesuai Liquidity Pool tersebut.

Cara untuk mendapatkan token-token tersebut sangat mudah, cukup dengan melakukan penukaran (Swap) dari XTZ Token menjadi uUSD Token dan USDt Token atau menjadi token lain yang dibutuhkan. Perhatikan langkah-langkah penukaran (Swap) token berikut ini:

1. Silahkan bukan halapan Token Swap di dApp Plenty.Network.

Gunakan browser di laptop atau desktop kalian masing-masing lalu buka halaman Token Swap di dApp Plenty.Network. Berikut ini tautannya: https://app.plenty.network/swap

2. Tukar dari XTZ Token menjadi uUSD Token.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih XTZ Token atau TEZ Token di bagian atas dan memilih uUSD Token di bagian bawah. Silahkan tekan tombol "Select a token" untuk mulai memilih token. Silahkan perhatikan gambar ilustrasi berikut ini:

Setelah menekan tombol "Select a token", sebuah Pop-Up muncul berisi daftar token yang bisa dipilih. Silahkan pilih uUSD Token. Perhatikan gambar ilustrasi berikut ini:

Setelah selesai memilih token, silahkan menentukan besarnya nilai XTZ Token atau TEZ Token yang akan ditukar menjadi uUSD Token.

Berapa pun angka yang kalian tuliskan, otomatis akan dikalkulasi besarnya nilai pertukarannya. Kalkulasi ini berdasarkan harga token tersebut terhadap XTZ Token di pasar.

Selanjutnya, silahkan tekan tombol "Swap" untuk memastikan transaksi penukaran token. Perhatikan gambar ilustrasi berikut ini:

Sebuah Pop-Up akan muncul untuk memastikan besarnya nilai yang akan ditukar. Jika sudah benar, silahkan ditekan tombol "Confirm" untuk memulai proses transaksi penukaran token.

Selanjutnya wallet Tezos kalian akan meminta konfirmasi untuk mengijinkan dApp Plenty.Network melakukan transaksi dengan address Tezos milik kalian. Perhatikan gambar ilustrasi berikut ini:

3. Tukar dari XTZ Token menjadi USDt Token.

Silahkan ulangi langkah 1 dan 2, tapi setelah menekan tombol "Select a token" silahkan pilih USDt Token. Hal ini juga berlaku untuk penukaran XTZ Token atau TEZ Token menjadi token lainnya.

Perhatikan gambar ilustrasi berikut ini:

4. Pastikan di wallet Tezos saldo uUSD Token dan USDt Token.

Jika semua langkah di atas berjalan lancar, maka di wallet Tezos kalian saat ini sudah muncul saldo token-token fungible lain selain XTZ Token atau TEZ Token.

Di tutorial ini, di Temple Wallet milik Prof. NOTA sudah ada saldo uUSD Token dan USDt Token. Perhatikan gambar ilustrasi berikut ini:


Last updated